Batik sebagai Warisan Dunia


Warisan Dunia



Batik lahir di tanah air sebagai suatu kebanggaan tersendiri bagi rakyat indonesia. Bagaimana tidak, sejak diresmikan tanggal 02 Oktober 2009, di kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. UNESCO resmi menjadikan Batik sebagai Warisan Budaya Dunia. Dan menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai hari batik internasional.

Kini batik juga semakin mendunia, beberapa tokoh dunia juga pernah mengenakan batik. Diantaranya ada Bill Gates dan mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), lalu ada aktris cantik Jessica Alba, dan masih banyak lagi.

(Foto Bill Gates dan SBY) 
   (Foto Jessica Alba)

Di indonesia, Belum lama ini penyanyi Agnez Monica juga mengenakan batik dalam video klip terbaru nya yang berjudul “Long As I Get Paid”. Busana bertema batik karya Anne Avantie ini juga disebut menjadi daya tarik sendiri dalam video klip tersebut.

Proses pembuatan video ini berlokasi di Malibu, California, Amerika Serikat. Penyanyi yang sudah mulai go internasional ini berkeinginan untuk membawa batik indonesia lebih dikenal dunia lewat karyanya.



(Foto Busana batik Agnez dalam video klip “Long As I Get Paid)

  
            Selain itu, kita sebagai generasi penerus juga diharapkan mampu melestarikan warisan budaya tanah air terutama batik agar terus eksis di dalam maupun di luar negeri. Dewasa ini, batik juga sudah masuk kedalam ikon fashion yang cukup digemari. Karena bahannya yang cocok untuk iklim tropis ditambah motif-motifnya yang cantik mampu menambah nilai tersendiri bagi masyarakat indonesia.

Manfaat diakuinya batik oleh dunia diantaranya, meningkatkan perekonomian masyaratakat pengerajin batik, dapat memotivasi dan kebanggaan tersendiri bagi para pengerajin batik, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan yang terpenting sebagai identitas budaya rakyat indonesia.
Hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga dan melestarikan Batik:
1. kita sebagai generasi penerus, juga diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan dan rasa bangga terhadap batik yang kini diakui sebagai warisan dunia.
          2. Serta ikut melestarikan warisan budaya tanah air terutama batik agar bisa terus eksis di dalam maupun di luar negeri.
          3. Senantiasa menyukai dan memakai produk dalam negeri  khususnya Batik.




sumber : google.com

Komentar

Postingan Populer